Sejarah, Misi dan Visi, Kelebihan Dan Kekurangan Perusahaan
PT.INDOFOOD
MAKMUR
Sejarah Berdirinya PT.
Indofood Makmur
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya Intikusuma
berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang diubah dengan
Akta No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali dengan Akta No.171
tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibuat dihadapan Benny Kristanto, SH., Notaris
di Jakarta dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman Republik
Indonesia berdasarkan Surat Keputusan No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli
1991, serta telah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah
No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus 1991, dan diumumkan dalam Berita Negara
Republik Indonesia No.12 tanggal 11 Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan
mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood
Sukses Makmur, berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham
yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang
dibuat oleh Benny Kristianto, SH., Notaris di Jakarta.
PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan olahan
terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki
oleh Salim Group.
PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya
Pangan Inti Sejati yang merupakan salah satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober
1992. Pada saat itu jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang
Pada tahun 1994, terjadi
penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group,
sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus
bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan divisi
terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan,
Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado, Semarang,
Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan
cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan agar produk
yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik
berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta
membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja lokal.
Tujuan Pendirian
Tujuan didirikannya PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah (1) memperluas bidang usaha
secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha
strategis; (2) mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan
kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan
persediaan barang; dan (5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup
dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Visi dan misi yang
ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik,
dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk
masa depan perusahaan.
Visi
“Menjadi perusahaan yang
dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk
dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi
“Menjadi perusahaan
transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
Perkembangan Perusahaan
Perusahaan ini didirikan
dengan nama PT Panganjaya Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal
14 Agustus 1990. berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang
Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994
Perseroan mengubah namanya yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT
Indofood Sukses Makmur. Pada awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah
perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan
pada tahun 1971.
PT. Indofood Sukses
Makmur terus mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pesebaran
distribusi produk yang dipasarkan. Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih
dari 10 merek dengan 150 rasa dan tipe distributor yang melayani hampir
150.000 outlet.
PT. Indofood Sukses
Makmur cabang Bandung merupakan salah satu bagian darinoodle division, PT. Indofood Sukses Makmur memiliki areal kantor dan pabrik
seluas 61.640 m². Cabang Bandung daerah cakupan pemasaran di kabupaten dan kota
Bandung, Cimahi, Cikampek, Purwakarta, Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut,
Sukabumi, Cianjur, Indramayu, dan Sumedang.
PT. Indofood Sukses
Makmur TBK cabang Indofood Grup yang bergerak dibidang mie instan merupakan pelopor
dalam industri makanan olahan di Indonesia. Saat ini perusahaan menjadi
perusahaan pengolahan mie terdepan dan memegang market
leader pada
masing-masing brand yang dimilikinya.
Produk yang Dihasilkan
PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
|
PRODUK
|
JUMLAH
VARIAN RASA
|
1
|
Indomie
|
8
|
2
|
Indomie
Special
|
2
|
3
|
Indomie
Vegan
|
2
|
4
|
Indomie
Regional Flavor
|
11
|
5
|
Indomie
Kriuk
|
3
|
6
|
Indomie
Jumbo
|
2
|
7
|
Indomie
SQN
|
6
|
8
|
Indomie
Paket
|
4
|
9
|
Supermie
Reguler
|
4
|
10
|
Supermie
Sedaaap
|
3
|
11
|
Supermie
Go Series
|
3
|
12
|
Sarimi
|
6
|
13
|
Sarimi
Extra Besar
|
6
|
14
|
Sakura
|
6
|
15
|
Intermi
|
1
|
16
|
POP
Mie
|
15
|
17
|
Mie
Telor
|
2
|
18
|
Anak
Mas
|
2
|
19
|
POP
Bihun Spesial
|
4
|
PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh
perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha
memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh
karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan
pelanggan, khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2 kelompok besar
yaitu :
1.
Bag Noodle, yaitu
mie instan dalam kemasan bungkus; dan
2.
Mie telor, yaitu mi yang
dalam proses pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.
Pengemasan mie adalah
proses penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid ingredient lainya
dengan menggunakan etiket sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan
dari proses pengemasan adalah untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan
tercemar atau rusak sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika sampai
kepada konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke
dalam karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan
direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk disalurkan.
Kelebihan
Setiap tahunnya PT.
Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi
yang dikeluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu
banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak
menurun. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk melakukan pendistribusian yang sesuai
dengan target pasar, produk yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat
konsumen.
PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk terus mengadakan riset terhadap pasar untuk menyaingi pesaing
perusahaan lain. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk menambah unggulan-unggulan
terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin
dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan
yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Kekurangan
PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk kurang meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain yang gencar
malakukan promosi yang sangat agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur
Tbk harus melakukan juga promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga
produknya dibawah dari produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan
lain. Sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dengan baik.
Dan juga PT. Indofood
Sukses Makmur Tbk harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenal
kebutuhan dan keinginan konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui
dengan jelas kebutuhan dan keinginan konsumen. Itu semua dilakukan agar
melancarkan kegiatan produksi agar sesuai dengan target pasar yang diinginkan.
CV.ESKA DIGITAL PRINTING TAMBUN – BEKASI
CV. ESKA DIGITAL PRINTING berdiri sejak 26
Juni tahun 2010 di Jl. Sultan Hasanudin, Tambun – Bekasi. CV ESKA DIGITAL
PRINTING berusaha dibidang Percetakan. Jenis Produk yang dibuat
yaitu Spanduk , Leaflet , kartu nama , stiker , brosur ,undangan,
Foto , Poster. CV ESKA DIGITAL PRINTING didirikan oleh seseorang yang berasal
dari depok yaitu Ibu Latifah. Lokasi yang sangat strategis membuat Eska Digital
Printing ini sangat terkenal di daerah Bekasi dan mereka bangunan nya milik
sendiri jadi tidak ada sewa menyewa, serta mereka memiliki mesin Cetak yang
cetakan nya sangat berkualitas.
Visi , Misi Perusahaan.
Visi
CV. ESKA DIGITAL PRINTING menjadi perusahaan percetakan yang
dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan produk yang berkualitas dan senantiasa
meningkatkan produktivitas demi kemajuan perusahaan.
Misi
a. Kepuasan Pelanggan
b. Cetakan Berkualitas
dan Tepat Waktu
c. Meningkatkan
kemampuan karyawan
d. Mengikuti
perkembangan teknologi.
Kepuasan Pelanggan, bagi Kami, Pelanggan adalah Mitra Kerja dan kami akan selalu
memberikan yang terbaik untuk pelanggan.
Cetakan Berkualitas, adalah cetakan yang sesuai dengan keinginan pelanggan dengan
hasil yang berkualitas dan diinginkan Pelanggan .
Meningkatkan Kemampuan Karyawan, Karyawan adalah aset perusahaan
dan perusahaan akan selalu meningkatkan kemampuan karyawan sehingga karyawan
tersebut dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan terutama untuk diri
pribadi karyawan tersebut.
Mengikuti Perkembangan Teknologi, Perusahaan akan selalu meningkatkan
kemampuan perusahaan baik secara teknik percetakan maupun manajemen perusahaan
dengan cara mengikuti perkembangan teknologi terkini pada bidang percetakan
KELEBIHAN :
- Mempunyai Mesin Cetak yang berkualitas untuk Cetakan nya
- Harga standar untuk percetakan dan tidak terlalu mahal
- Bermain Skala besar (Partai, Komunitas, Organisasi)
KEKURANGAN :
- Tidak
bermain skala keci (Perorangan)
Sejarah PT Pos Indonesia (Persero)
Sejarah keberadaan PT Pos Indonesia (Persero) di Indonesia
begitu panjang, Kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh
Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan
tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka
yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari
dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban
peran dan fungsi pelayanan kepada publik.
Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.
Perubahan Status Pos IndonesiaPos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
Pos Indonesia Masa KiniDengan berjalannya waktu, Pos Indonesia
kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan
Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang
mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen
kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan
940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan
informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki
3.800 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota
besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid
& terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing
kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan
akurat.
Sebagai penyelenggara pos milik negara, Pos Indonesia
mengemban amanah UU untuk melakukan Penyehatan Perusahaan, sesuai Undang-undang
Nomor 38 Tahun 2009 pasal 51 Tentang Pos. Pada Mei 2011 Pos Indonesia melakukan
langkah riil menjalankan amanah UU tersebut yaitu Kick off Program. Revitalisasi tahun 2011 s.d 2015 dimana Pos Indonesia
meluncurkan Visi, misi dan motto baru. Visi Pos Indonesia adalah Menjadi
pemimpin pasar di Indonesia dalam layanan surat, paket dan logistik yang handal
serta jasa keuangan yang terpercaya. Sedangkan motto Pos Indonesia adalah Tepat
Waktu Setiap Waktu.
VISI PT POS INDONESIA
PT POS INDONESIA senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia
sarana komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola
oleh SDM yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi
masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.
MISI PT POS INDONESIA
1.PT POS INDONESIA penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
2. PT POS INDONESIA mengembangkan usaha bertumpu pada
peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai
kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan ,
pemegang saham, masyarakat, dan mitra kerja.
TUJUAN PT POS INDONESIA
PT POS INDONESIA mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan baik oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi yang cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada " HUMEN RESOURCES" yang terlalu besar. Namun Turnover yang akan diterima dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat masyarakat Indonesioa loyal menggunakan PT POS INDONESIA.
KELEBIHAN POS INDONESIA
Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan produk yang serupa yang memberikan layanan seperti yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia karena Pos Indonesia selalu menginginkan kepuasan yang dapat diterima oleh konsumennya yaitu agar masyarakat dapat puas menggunakan produknya.
Pos Indonesai sudah dapat diakses dalam bentuk online yaitu mulai tahun 2010 Pos Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu dengan menciptakan produk online sehingga dimanapun kita berada bahkan tidak di batasi oleh waktu sehingga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun kita berada.
Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia jauh lebih terrjangkau dibandingkan dengan produk serupa yang berjender produk luar negri seperti Fedex, DHL.
KEKURANGAN POS INDONESIA
Pos Indonesia masih kurang terkernal
dibandingkan dengan jasa pengiriman yang memang sudah sering dipergunakn oleh
orang banyak, karena masyarakat hanya mengetahui bahwa Pos Indonesia hanya
dapat melayani jasa pengiriman surat saja.
Pos Indonesia baru pada tahun ini mengeluarkan jasa pelayanan online, karena produk jasa pengiriman yang lain telah sejak lama meluncurkan jasa online.
Diatas telah kita ketahui beberapa keunggulan dan kelemahan Pos
Indonesia sehingga kita dapat mengetahui kinerja Pos Indonesia.
Sumber :
http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood- sukses-makmur-tbk/comment-page-1/#comment-26
http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood- sukses-makmur-tbk/comment-page-1/#comment-26
0 komentar:
Posting Komentar