Minggu, 18 Oktober 2015

PENGANTAR TELEMATIKA

By on 06.21
TULISAN SOFTSKILL
PENGANTAR TELEMATIKA
Pengantar telematika yang merupakan mata kuliah softskill ini pertama kali dipopulerkannya oleh SIMON Nora dan Alan Minc menggunakan bahasa Perancis “Telematique” dalam bukunya yang berjudul “L’informatisation de la Societe pada tahun 1978.
Sedangkan menurut kerangka kebijakan pengembangan dan pendayagunaan telematika di Indoesia yaitu Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika.sedangkan menurut Pemerintah TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan TELE = telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika
Bila mengacu kepada penggunaan MASTEL(masyarakat telematika Indonesia) yaitu perpaduan atau pembaruan (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi computer), teknologi telekomunikasi, termsuk siaran radio maupun televise dan multimedia.
Secara umum, istilah telematika juga dipakai di teknologi GPS pada bagian integral dari computer dan teknologi komunikasi berpindah. Dan secara spesifik istilah elematika dipakai di bidang kendaraan dan lalu lintas.
Dari beberapa pemahaman diatas diatas dapat disarikan pemahaman tentang telematka sbb :
1.      Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik
2.      Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia dan dalam berbagai cara
3.      Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus(internet).
RAGAM BENTUK TELEMATIKA
1.      E-government
E-government dihadirkan dengan maksud untuk admisistrasi pemerintahan secara elektronik.
2.      E-commerce
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik
3.      E-Learning
Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh dengan media internet berbasis web atau situs
4.      Dan masih banyak lagi contohnya seperti e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research
Terakhir untuk tulisan  yang membahas tentang pengantar telematika ini menambahkan ragam bentuk telematika yang diluar berbasis web, yaitu telematikanya dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohya adalah GPS atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, system navigasi digital untuk angkatan laut dan udara, serta teleconference.

1 komentar: